Analisis Tailwind Penyebab Go-Around pada 38 Bandara di Indonesia dalam Periode Januari-Februari 2020
Main Article Content
Abstract
Studi ini berfokus pada analisis tailwind penyebab go-around pada 38 bandara di Indonesia dalam periode Januari-Februari 2020. Dalam studi ini dilakukan perbandingan tailwind laporan pilot, tailwind observasi permukaan (10 m), dan tailwind pada ketinggian 1000 ft untuk mengetahui akurasi tailwind yang dilaporkan oleh pilot. Literatur menyebutkan bahwa angin kecepatan tinggi di troposfer bawah berkaitan dengan wind gust yang berasal dari awan cumulonimbus (Cb). Dengan dasar tersebut maka dilakukan analisis perbandingan laporan pilot terhadap keberadaan awan Cb sampai sejauh 40 km dari runway in use dengan menggunakan kombinasi kriteria brightness temperature difference (BTD) kanal IR1-IR2 dan brightness temperature (BT) kanal IR1 citra satelit Himawari-8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tailwind laporan pilot lebih besar daripada tailwind angin permukaan dan 1000 ft, serta kebanyakan tailwind laporan pilot tersebut berkaitan dengan potensi wind gust yang muncul dari awan Cb baik di sekitar atau di luar runway.
Kata kunci: Cumulonimbus, go-around, tailwind, wind gust.
Abstract
An Analysis of Go-Around-Causing Tailwind at 38 Airports in Indonesia in the Period of January-February 2020: This study focused on analyzing the tailwind that causing go-around at 38 airports in Indonesia in the period of January to February 2020. We made a tailwind comparison of the pilot report, surface observation (10 m), and observation of 1000 ft to determine the accuracy of the tailwind reported by the pilot. The literature stated that high-speed winds in the lower troposphere were related to wind gust coming from cumulonimbus (Cb) clouds, so we compared pilot report to the presence of Cb clouds as far as 40 km from the runway in use by using a combination of brightness temperature difference (BTD) IR1-IR2 channels and brightness temperature (BT) IR1 channel of Himawari-8 satellite imagery. The results showed that the tailwind of the pilot report was larger than the tailwind of surface and 1000 ft observations and most of the tailwind was related to the potential wind gust that emerged from the Cb clouds either around or outside the runway.
Keywords: Cumulonimbus, go-around, tailwind, wind gust.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.
References
Kementrian Perhubungan, "Statistik Perhubungan Buku I 2018", Jakarta : Pustikom (2019).
Indonesia National Air Carriers Association, "Menjelang Setengah Abad Industri Penerbangan Nasional INACA Berkiprah", Jakarta : Indonesia National Air Carriers Association (2019).
Blajev, T. and W. Curtis, " Final Report to Flight Safety Foundation: Go-Around Decision-Making and Execution Project", Flight Safety Foundation (2017).
Flight Safety Foundation (2019, September 7), "Go Around", Available : https://www.skybrary.aero/index.php/Go_Around
Es, G. W. H. Van and A. K. Karwal, "Safety Aspect of Tailwind Operation", presented on the Flight Safety Foundation Annual European Aviation Safety Seminar, Amsterdam, The Netherlands on 12-14 March, 2001
ICAO, "Aerodrome Meteorological Observation And Forecast Study Group (AMOFSG) : Ninth Meeting", Montreal Canada, 26 to 30 September 2011
Muzayyanah, L. F and T. Hidayah (2020, May 5), "Interpretasi Radar Cuaca sebagai Kajian Puting Beliung dan Angin Kencang Wilayah Jawa Timur (Studi Kasus Sidoarjo, Bangkalan Dan Pasuruan), STMKG : Jakarta, Available : https://perpus.stmkg.ac.id/view-pdf.php?id=401
Mujiasih, S and S. T Primadi, "Identifikasi Echo Radar Potensi Angin Kencang Wilayah Kuta Selatan Bali", Prosiding Workshop Operasional Radar Cuaca 2016
Satriyabawa, I. K. M dan W. N. Pratama, "Analisis Kejadian Puting Beliung Di Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya Menggunakan
Citra Radar Cuaca Dan Model WRF-ARW (Studi Kasus Tanggal 4 Februari 2016)", Prosiding SNSA 2016
Yunita, R., "Deteksi Gust Front Signature Menggunakan Radar Doppler di Stamet Syamsudin Noor Banjarmasin
(Studi Kasus 21 April 2016)", Prosiding Workshop Operasional Radar Cuaca 2016
Nugraha, A. A. A dan N. J. Trilaksono, "Simulation of Wind Gust – Producing Thunderstorm Outflow over Mahakam Block Using WRF", the 2017 International Symposium on Earth Hazard and Disaster Mitigation
Seto, T. H., M. K. Yamamoto, H. Hashiguchi, S. Fukao, M. Abo, T. Kozu, and M. Kudsy, "Observational study on westerly
wind burst over Sumatera, Indonesia by the Equatorial Atmosphere Radar: A case study during the first CPEA observation
campaign", J. Meteor. Soc. Japan, 84A, 95–112 (2006)
Yamanaka, M. D, "Physical climatology of Indonesian maritime continent: An outline to comprehend observational studies", Atmospheric Research (2016), doi: 10.1016/j.atmosres.2016.03.017.
Perdana, Y. H and I. D G. A. Putra, "Kejadian Crosswind di Landasan Pacu Bandara Supadio Pontianak Tahun 2016", presented on Seminar Nasional Iptek Penerbangan dan Antariksa XXI 2017
Rinaldy, N., I. J. A. Saragih and B. W. Yonas, "Analisis Komponen Angin Permukaan di Landasan Pacu Bandara Douw Aturure-Nabire", presented on Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya 2017
Fadholi, A, "Analisis Komponen Angin Landas Pacu (Runway) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Statistika", Journal Of Theoritical Statistics And Its Applications, Vol. 13 No. 2, 45-53, (2013).
Wakimoto, R. M, "The Life Cycle of Thunderstorm Gust Fronts as Viewed by Doppler Radar and Rawinsonde Data," Mon. Wea. Rev. 110(8), pp. 1060-1082 (1982)
Suseno, D. P. W. and Tomohito J. Yamada, "Two-dimensional, threshold-based cloud type classification using MTSAT data", Remote Sensing Letters Vol. 3, No. 8. (2012) DOI: 10.1080/2150704X.2012.698320
Hamada, A.; Nishi, N.; Kida, H.; Shiotani, M.; Iwasaki, S.; Kamei, A.; Ohno, Y.; Kuroiwa, H.; Kumagai, H.; Okamoto, H, "Cloud type classification by GMS-5 infrared split-window measurements with millimeter-wave radar and TRMM observations in the tropics", Proceedings of the 2nd TRMM International Science Conference, Nara, Japan 2004.
International Civil Aviation Organization, "Annex 3 to the Convention on International Civil Aviation: Meteorological Service for International Air Navigation", Montreal: Canada (2018)
Schwartz, B dan S. G. Benjamin, " A Comparison of Temperature and Wind Measurement from ACARS-Equipped Aircraft and Rawinsondes", Weather and Forecasting Vol 10 (1995)
Tse, S. M., P. W. Chan, and W. K. Wong, "A case study of the missed approach of aircraft due to tailwind associated with thunderstorms," Meteorol. Appl. 21: 50–61 (2014)