Perbandingan Kapasitas Daya Dukung Ultimate Bored Pile pada Proyek Jalur Ganda Mojokerto – Sepanjang

Main Article Content

Kusuma Bayu Eka Putra
Ayu Prativi
Septiana Widi Astuti
Muhammad Kesuma Cesarasyid

Abstract

Pada pembangunan jembatan BH 122 proyek jalur ganda Mojokerto – Sepanjang, terdapat komponen stuktur jembatan yang penting yaitu pondasi jembatan. Karena pondasi tiang bor berperan penting dalam menghasilkan daya dukung terhadap stuktur atas pada jembatan, maka diperlukan perencanaan kapasitas daya dukung tiang (Qu). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan metode yang paling akurat dan paling mendekati nilai uji PDA, antara metode Luciano-Decourt dan metode O`Neil & Reese. Penelitian ini menggunakan metode persamaan O`Neil & Reese dan metode Luciano-Decourt serta membandingkan daya dukung tiang pancang akhir (Qu) yang dihitung dari kedua metode persamaan tersebut dengan hasil uji PDA di lapangan. Hasil analisis (Qu) pada metode Luciano Decourt abutmen I yaitu 346,92 ton dan abutmen II yaitu 287,11 ton, sedangkan hasil perhitungan (Qu) pada metode O’Neil & Reese di abutmen I yaitu 309,62 ton dan di abutmen II yaitu 506,23 ton. Adapun hasil pengujian PDA test didapat nilai (Qu) pada abutmen I yaitu 329 ton dan di abutmen II yaitu 341 ton. Berdasarkan hasil analisis perbandingan menunjukkan metode Luciano Decourt memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi terhadap hasil uji PDA Test di lapangan. Luciano Decourt mampu memprediksi daya dukung dengan tingkat kesalahan dari 5,45% hingga 15,80% sedangkan metode O’neil & Resse memiliki tingkat kesalahan mulai dari 5,89% hingga 48,45%.

Article Details

Section
Articles

References

J. E. Bowles, Analisa dan Desain Pondasi, Ke-4 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 1991.

Desrina Sari, Bangun Pasaribu, and Jupriah Sarifah, “Analisa Daya Dukung Bored Pile Pada Proyek Pembangunan Jembatan Ka BH. 38 Di Baja Linggei Kabupaten Serdang Bedagai,” Buletin Utama Teknik, vol. 16, no. 2, pp. 103–112, Jan. 2021.

D. Setiyo, S. Suhendra, and M. Nuklirullah, “Analisa Daya Dukung Tanah untuk Pondasi Tiang Pancang pada Rencana Pembangunan Komplek Pendidikan Islam Al Azhar 57 Jambi,” Jurnal Civronlit Unbari, vol. 4, no. 2, p. 80, Dec. 2019, doi: 10.33087/civronlit.v4i2.54.

Muhammad Fahri Dirgananta, “Perencanaan Ulang Pondasi Tiang Pancang Dengan Variasi Diameter Menggunakan Metode Meyerhoff, Aoki & De Alencar, Dan Luciano Decourt,” Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2018.

Yulia Tandiri, “Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Kantor Pelindo Belawan,” Universitas Andi Djemma, 2022.

Melisa and Junaidi, “Kapasitas Dukung Aksial Pondasi Bored Pile Menurut O’neil & Reese Dan Coyle & Castello (Studi Kasus : Fly Over Simpang SKA),” Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi (Tekla), vol. 2, no. 1, Jul. 2020.

H. Tunafiah, “Analisis Metode Statis dan Metode Dinamis Penelitian Daya Dukung dan Penurunan Pondasi Tiang Pancang,” Jurnal Teknik, vol. 2, no. 2, Mar. 2017, doi: 10.31000/jt.v2i2.3950.

A. Prativi, P. Dewi, N. Sutra, W. T. Adi, and C. Weijia, “Comparison of Individual Bored Pile Bearing Capacity Using the Results of Standard Penetration Test (SPT) and Pile Driving Analysis (PDA) Test of the Railway Bridge Foundation,” Journal of Railway Transportation and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 14–23, Nov. 2022, doi: 10.37367/jrtt.v1i2.9.

D. P. Solin, “Analisis Perbandingan Daya Dukung Tiang Pancang pada Tanah Berlempung Berdasarkan Data Penyelidikan Tanah,” AGREGAT, vol. 7, no. 1, May 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13319.

J. Kang, L. Sun, and C. Guedes Soares, “Fault Tree Analysis of floating offshore wind turbines,” Renew Energy, vol. 133, pp. 1455–1467, Apr. 2019, doi: 10.1016/j.renene.2018.08.097.

A. A. Rahman, F. Hariati, N. Chayati, and F. M. L. Taqwa, “Korelasi Nilai Daya Dukung Ultimit Tiang Bor Hasil Analisis Dengan Hasil Pengujian PDA Test (Studi Kasus: Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi Iii A Ruas Simpang Yasmin - Simpang Salabenda),” Jurnal Komposit, vol. 4, no. 2, p. 43, Mar. 2022, doi: 10.32832/komposit.v4i2.3468.

Eko Yuliawan and Tanjung Rahayu, “Analisis Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Berdasarkan Pengujian Spt Dan Cyclic Load Test,” Jurnal Konstruksia, vol. 9, no. 2, pp. 1–13, 2018.

L. Livia and A. Suhendra, “Studi Kapasitas Tiang Bor Berdasarkan Metode Pile Driving Analyzer (PDA) dan Load Cell,” JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, vol. 1, no. 1, p. 82, Aug. 2018, doi: 10.24912/jmts.v1i1.2245.

U. N. Fadilah and H. Tunafiah, “Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data N-Spt Menurut Rumus Reese & Wright dan Penurunan,” IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 3, pp. 7–13, 2018.

M. A. Sagita, F. Fahriani, and Y. Apriyanti, “Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Hasil Uji Spt Dan Uji Beban Dinamis Pada Proyek Penggantian Jembatan Baturusa,” in Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Bangka Belitung: Universitas Bangka Belitung, 2020. doi: 10.33019/snppm.v4i0.2147.

Denny Nurhadi, “Studi Pembebanan Tiang Dengan Pda Test Di Pelabuhan Pt. Semen Tonasa Biringkassi,” Universitas Hasanudin, Makassar, 2013.

Hary Christady Hardiyatmo, Analisis dan Perancangan Fondasi Bagian I, 4th ed. Yogyakarta: Gadjah Mada Univ. Press, 2020.

Darwis Panguriseng, Dasar-Dasar Mekanika Tanah. Yogyakarta: Pena Indis, 2018.

Testana Engineering, “Hasil Pengujian PDA.”