Pengaruh Kualitas Layanan Angkutan Umum Transjakarta terhadap Persepsi Penumpang terkait Aksesibilitas dan Keselamatan Perjalanan (Rute Cibubur-BKN)

Main Article Content

Harnah Nursasi
Yenita Yenita

Abstract

Layanan transportasi berubah sejalan dengan perubahan teknologi, digitalisasi informasi, dan komunikasi. Moda transportasi di ibu kota sudah selayaknya memenuhi standar, di mana memiliki fasilitas yang lengkap, memiliki pelayanan yang memuaskan, memberikan kenyamanan, dan menjamin keselamatan penumpang. Sehingga, target masyarakat kota menggunakan moda transportasi umum tercapai. Adapun tujuannya dari penelitian ini adalah a) untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan angkutan umum terhadap keselamatan perjalanan, b) untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap aksebilitas yang dirasakan, c) untuk mengetahui pengaruh keselamatan perjalanan terhadap aksebilitas yang dirasakan, dan d) untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan angkutan umum terhadap aksesibilitas yang dirasakan melalui keselamatan perjalanan sebagai mediator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dilengkapi dengan wawancara untuk mendapatkan data yang lebih dalam. Penelitian dilakukan terhadap pengguna angkutan umum Transjakarta. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keselamatan perjalanan; 2) kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap aksesibilitas yang dirasakan; 3) keselamatan perjalanan berpengaruh signifikan terhadap aksesibilitas yang dirasakan; dan 4) tidak ada pengaruh yang signifikan dari kualitas layanan terhadap aksesibilitas yang dirasakan melalui keselamatan perjalanan sebagai mediator.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/786/1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis-kendaraan-unit-di-provinsi-dki-jakarta.html (diakses pada 22 Januari 2023)

A. Wahyuningsih & E. Wartiningsih. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pengaruh Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Umum Transjakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta). Epigram, 15(1), 17–26. (2018) https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1213

Y. Pasharibu, E. L. Paramita & S. Febrianto. Price, service quality and trust on online transportation towards customer satisfaction. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 (2018)

C. Lovelock & J. Wirtz. Service Marketing- People, Technology, Strategy, Pearson Prentice Hall (2007)

C. Grönroos “Strategic management and marketing in the service sector”, Boston: Marketing Science Institute, Chapter 4 (1983)

P. B. Crosby, Quality is free: The Art of Making Quality Certain. New York : New American Library (1979)

K. Newman. Interrogating SERVQUAL: A Critical Assessment Service Quality Measurement in A High Street Retail Bank. International Journal of Bank Marketing, 19(3), 126–139. (2001)

K. Storbacka, T. Strandvik & C. Grönroos. Managing Customer Relationships for Profit: The Dynamics of Relationship Quality. International Journal of Service Industry Management, 5(5), 21- 38. (1994)

H. Arasli., S. T. Katircioglu & S. Mehtap-Smadi, S. A Comparison of Service Quality in the Banking Industry. International Journal of Bank Marketing, 23(7), 508 - 526. (2005).

V. A. Zeithaml & M. J. Bitner. Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm. Boston: McGraw-Hill, International Edition. (2003).

J. Kandampully. Service Quality to Service Loyalty: A Relationship Which Goes Beyond Customer Services. Total Quality Management, 9(6), 431–443. (1998).

J. L. Heskett. Beyond Customer Loyalty. Measuring Service Quality, 12(6), 355-357. (2002).

F. Buttle. SERVQUAL: Review, Critique, Research Agenda. European Journal of Marketing, 30(1), 8 – 32 (1996)

V. A. Zeithaml, M. J. Bitner, & D. D. Gremler. Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm (4th Ed.). Boston: McGraw-Hill. (2006)

S. Rakhmawati, B. Budiasih, L. Kustantinah, & K. Koranti.. Kepuasan Wisata Bahari di Indonesia: Determinan dan Dampaknya Pada Intensitas Rekomendasi Wisata dengan Keselamatan Perjalanan Sebagai Pemoderasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 1–12. (2019)

M. A. Saif, M. M. Zefreh & A. Torok). Public transport accessibility: A literature review. Periodica Polytechnica Transportation Engineering, 47(1), 36–43. (2019) https://doi.org/10.3311/PPtr.12072 9

V. A. Zeithaml, “Service Quality, Profitability, and the Economic Worth of Customers: What We Know and What We Need to Learn”, Journal of Academy of Marketing Science, Volume 28(1), P.67-85 (2009)

Ramsaran & R. R. Fowdar, “Developing a service quality questionnaire for the hotel industry in Mauritius”, Journal of Vacation Marketing, Volume 13(1), P. 19-17 (2007)

J. C. Chang, “Taiwanese Tourists‟ perceptions of Service Quality on Outbound Guided Package Tours: A Qualitative Examination of the SERVQUAL Dimensions” Journal of Vacation Marketing, Volume 15(2), P.164-178 (2008)

A. Parasuraman, V. A., Zeithml, & L. L Berry, “Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectations”, The Free Press, New York, P. 226 (1990)

R. Kumra, “Service Quality in Rural Tourism: A Perspective Approach”. Conference on Tourism in India-Challenges Ahead, India, P. 424-431 (2008)

C. Grönroos, “Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition”, 3rd Edition, John Wiley & Sons Ltd., England, P. 483 (2007)

I. Jayusman, & O. A. K. Shavab, O. A. K. Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. (2020) https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Chin WW. Partial Least Squares for Researcher: An Overview and Presentation of Recent Advances Using the PLS Approach. (2000)

I. Permana, K. Putra, S. Hudayah, & G. N. Achmad. The Effect Of Customer Value And Customer Trust On Satisfaction And Customer Loyalty. 2020(2), 151–160. (2020)

Moovitapp: https://moovitapp.com/index/in/Tranportasi_Umum-line-7C-Jakarta-2044-851786-662888-0 (diakses pada 22 Januari 2023)