Evaluasi Tingkat Kepuasan Pelayanan Embarkasi Dan Debarkasi Penumpang Kapal Pelni di Pelabuhan Tenau Kupang
Main Article Content
Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya menjaga dan meningkatkan kepuasan penumpang terhadap
pelayanan embarkasi dan debarkasi penumpang. Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan
penumpang terhadap pelayanan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal Pelni di Pelabuhan Tenau
Ku pang. Dengan menggunakan metode CSI dan IP A, diketahui bahwa kinerja pelayanan embarkasi
penumpang kapal masih harus mendapatkan perhatian khusus karena nilainya masih berada di bawah
standar pelayanan (74,60% ). Sedangkan kinerja pelayanan debarkasi penumpang kapal berada pada batas
minimal standar pelayanan (79,54%). Terdapat beberapa aspek pelayanan yang perlu diperbaiki guna
meningkatkan kepuasan pelayanan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal Pelni di Pelabuhan Tenau
Ku pang.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.
References
DAFTAR PUSTAKA
Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan,
, Modul Pelatihan Customer Satisfaction Index
(CSI), Badan Penelitian dan Pengembangan
Perhubungan, Jakarta.
Badan Pusat Statistik, 2012, Nusa Tenggara Timur
Dalam Angka 2012, Badan Pusat Statistik Provinsi
Nusa Tenggara Timur.
Departemen Perhubungan, 2005, Sistem Transportasi
Nasional, Departemen Perhubungan, Jakarta
Departemen Perhubungan, 2006, Rencana Induk
Pelabuhan Tenau-Kupang Nusa Tenggara
Timur, Departemen Perhubungan,
JakartaKeputusan Menteri Perhubungan Nomor
: KM.22 tahun 1990 tentang Penetapan Kelas
Perairan Wajib Pandu
Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.5 Tahun
tentang DLKR dan DLKP Pelabuhan Tenau
Kupang
Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 53 Tahun
Keputusan Menteri Pehubungan No. KM. 21
Tahun2007 tentang Sistem dan Prosedur Pelayanan
Kapal, Barang dan Penumpang Pada Pelabuhan Yang
Diselenggarakan Oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT)
Kantor Pelabuhan2002 tentang Tatanan
Kepelabuhan Nasional
Moenir, 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia,
Bumi Aksara, Jakarta.
Oliver, R.L., 1997, Satisfaction, Mc. Graw-Hill, Boston,
MA
Peraturan General Manager PT. Pelabuhan Indonesia
III (Persero) Nomor: PER.28/05.0.02/TMS-
tentang Sistim dan Prosedur Pelayanan Terminal
Penumpang di PT. Pelabuhan Indonesia III
(Persero)