Evaluasi Kebutuhan Area Parkir dan Ruang Tunggu Penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Lembar

Main Article Content

Dedi Sulaiman

Abstract

Pelabuhan Lembar adalah pelabuhan utama Lombok dan menangani muatan kecil, perahu nelayan dan kapal ro-ro yang melintas secara reguler ke Padang Bai, Bali. Dari tahun ketahun angkutan penyeberangan mengalami peningkatan, untuk kendaraan Roda-4 rata-rata sebesar 3,8%, dan kendaraan bermotor R-2 sebesar 34,5%. Dalam mengantisipasi peningkatan angkutan lintas penyeberangan Padang Bai – Lembar pada tahun 2012 dilayani 23 kapal penyeberangan yang mempunyai kapasitas muat penumpang  rata-rata  407 penumpang dan kendaraan R-4 rata-rata 22 unit. Dalam menganalisis kebutuhan area parkir kendaraan bermotor roda-4 dari tahun 2012 s/d tahun 2020 menggunakan program dinamis yaitupowersim, analisis data sekunder dan data primer menunjukkan bahwa fluktuasi angkutan sangat mempengaruhi kapasitas area parkir dan kapasitas muat kapal yang akan dioperasikan pada 3 (tiga) tahun terakhir menunjukkan fluktuasi angkutan, yaitu dari tahun 2009 s/d 2011, angkutan penumpang mengalami penurunan rata-rata per tahun 21.6 %, kendaraan bermotor roda-2 mengalami pertumbuhan sebesar 11.8 % dan kendaraan bermotor roda-4 mengalami pertumbuhan sebesar 11.4 %. Sedangkan Pelabuhan Lembar pada saat sekarang mempunyai kapasitas area parkir berjumlah 130 truk, waktu B/M 50-60 menit dan jumlah kapal yang melayani penyeberangan sebanyak 23 unit dengan rata-rata kapasitas muat kapal 22 unit. Pada tahun 2012 dengan pola kedatangan kendaraan R-4 38 unit/jam dan kapasitas muat kapal rata-rata 22 unit, maka jumlah kendaraan yang antri di area parkir berjumlah 68-69 unit. Tahun 2015 dengan pola kedatangan kendaraan R-4 46 unit/jam dan kapasitas muat kapal rata-rata 24 unit, maka jumlah kendaraan yang antri di area parkir berjumlah 94-95 unit. Tahun 2020 dengan pola kedatangan kendaraan R-4 30 unit/jam dan kapasitas muat kapal rata-rata 30 unit, maka jumlah kendaraan yang antri di area parkir berjumlah 119-120 unit.

Article Details

Section
Articles

References

Bowerman, B.L. dan O’Connel. 1993,Forecasting and Time Series: An Applied Approach 3rd ed, Belmont, California : Duxbury Press.

Girwanto, 1993, Penjadualan Angkutan Penyeberangan Pada Pelabuhan Penyeberangan Ujung-Surabaya, Program Pasca Sarjana Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung. Hamid, H. Alqadri, 1998, Pengurangan Waktu Tunggu Kendaraan Jalan Raya Dipelabuhan Penyeberangan Merak, Program Pasca Sarjana Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung. Laporan Tahunan Kantor Syahbandar Pelabuhan Padang Bai, Tahun 2011 Levin, Richard I., et al. 1992, Quantitative Approaches to Management, eight edition, New York, McGraw-Hill International Editions distribusi probabilitas Poisson Ahli matematika dan fisika, Simeon Poisson (1781 – 1840) Uit verschillende beschikbare programma’s hebben wij Powersim Constructor Mulyahadi, l997,Optimalisasi Jadual Penyeberangan Pada Lintas Ketapang – Gilimanuk, Program Pasca Sarjana Magister Transportasi Transportasi Institut Teknologi Bandung. Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung Tarigan, Perlindungan, 1992,Operasional Sistem Penyeberangan Merak-Bakauheni, Program Pasca Sarjana Magister Transportasi Institut Teknologi, Bandung. Zeithaml Berry, dan Parasuraman( dalam Fandy Tjiptono, 2000:14), Mengidentifikasikan Lima Dimensi Pokok Yang Berkaitan Dengan Kualitas Jasa