Penelitian Fasilitas Bandar Udara Husein Sastranegara - Bandung
Main Article Content
Abstract
Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung dikelola oleh PT. Angkasa Pura II merupakan kawasan pangkalan Angkutan Udara TNI, Industri Dirgantara, Perguruan Tinggi Penerbangan, Sekolah
Penerbangan, Perkumpulan Aerosport mempunyai panjang landas pacu 2250 m x 45 m. Jumlah penumpang tahun 2012 sebesar 1.872.985 orang, sedangkan kemampuan bandara hanya 903.000 orang dan terjadi over capacity dengan perbandingan 2,1. Perhitungan fasilitas bandara mengacu SKEP 77/VI/ 2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara dan peramalan penumpang menggunakan regresi berganda skenario moderat. Perluasan sisi darat gedung bandara menjadi 12.000 m2, fasilitas terminal lantai 1 dan lantai 2 sebesar 6000 m2. perluasan sisi udara hanya pada strip runway sedangkan panjang runway terbatas lahan karena ada obstacle kota dan gunung Bohong serta penataan tata letak taxiway dan apron dilakukan agar jarak parkir pesawat terhadap strip runway dan jarak wing tip to wing tip lebih aman dalam menampung 8 pesawat udara.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.
References
Airport Cooperative Research Program Report 76
(ACRP 76), 2012, Addresssing Uncertainty about
Future Airport Activity Levels in Airport Decision
Making, Transportation Research Board.
Senguttuvan, P.S.,2006, Economic of the Airport
Capaciaty System in the Growing Demand of Air
Traffic - A Global View.
Horonjeff, Robert; MCKelvey, Francis X; Sproule,
William J; Young , Seth B, 2010, Planning and
Design of Airport, The McGraw-Hill Companies,
Inc.
Ashford, Norman J; Mumayiz, Saleh; Wright, Paul
H., 2011, Airport Engineering Planning, Design,
and Development of 21st Century Airports, John
Wiley & Sons, Inc.
Correia, Anderson Ribeiro; Wirasinghe, S.C., 2013,
“Modeling Airport Landside Performance”, in Modelling
and Managing Airport Performance ,eds.
Konstantinos G Zografos., Andreatta Giovanni
& Amedeo R. Odoni, John Willy & Sons, Ltd.
Andersson, Karl, Carr, Francis; Feron, Eric; Hall
William D., 2000, Analysis and Modeling of
Ground Operations at Hub Airports, 3rd USA/ Europe
Air Traffic Management R & D Seminar.
Griffin, Katy J; Yu,Peter; Rappaport, David B., 2010,
Evaluating Surface Optimization Techniques Using
a Fast-time Airport Surface Simulation, 10th
AIAA Aviation Technology, Integration, and
Operations (ATIO) Conference.
Yen, Jin-Ru; Teng , Chung-Hsiang, 2003, Effect of
Spatial Congestion in the Level of Service at Airport
Passenger Terminals.
Solak, Senay; Clarke, John-Paul B; Johnson, Ellis L.,
, Airport Terminal Capacity Planning Transportation
Research Part B 43,pp. 659-676.
Dunn, William, 2003. Pengantar Analisis Kebijakan
Publik. Fakultas ISIPOL. Gadjah Mada University
Press:Yogyakarta
Dye, 1978. Understanding Public Policy. Prentice
Hall:Englewood Cliffs
Patton, Carl and David Sawicki, 1986. Basic Methods
of Policy Analysis and Planning, Prentice-
Hall:London
Undang-undang RI Nomor: 1 Tahun 2009 tentang
Penerbangan
KM 47 tahun 2002 tentang Sertifikasi Operasi Bandar
Udara.
SKEP/77/VI/2005 Tentang Persyaratan Teknis
Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara
SKEP/347/XII/99 Standar Rancang Bangun dan atau
rekayasa fasilitas dan peralatan bandara
SNI 03-7046-2004 tentang Terminal Penumpang
Bandar Udara.