Peningkatan Kualitas Pelayanan Terminal Penumpang Di Pelabuhan Ambon
Main Article Content
Abstract
Arus penumpang di Pelabuhan Ambon, secara rata-rata dalam 5 tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup tajam, oleh karena itu perlu diantisipasi melalui perbaikan kualitas pelayanan kepada para penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan di Pelabuhan Ambon melalui pendekatan analisis CSI. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada 4 hal pokok dalam pelayanan yang harus diperbaiki yaitu : aspek kenyamanan dilokasi pemberhentian, halte atau terminal angkutan umum, disekitar pelabuhan dan kenyamanan ruang terminal penumpang; aspek keselamatan di lokasi pemberhentian, halte, atau terminal angkutan umum, disekitar pelabuhan dan keselamatan berjalan kaki dari lokasi pemberhentian, halte, atau
terminal angkutan umum, di sekitar pelabuhan, menuju lokasi terminal penumpang di pelabuhan, atau sebaliknya; aspek keamanan berjalan kaki dari lokasi pemberhentian, halte, atau terminal angkutan umum, di sekitar pelabuhan, menuju lokasi terminal penumpang di pelabuhan, atau sebaliknya; serta aspek kemudahan menemukan lokasi fasilitas terminal penumpang dan
kemudahan menemukan petunjuk arah menuju lokasi pintu masuk ke kapal atau dari kapal ke terminal penumpang.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.
References
Anggrahini, Wahyu P., 2010. Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Terhadap
Pelayanan Angkutan Laut Ro-Ro (Studi Kasus
Pelabuhan Banjarmasin, Jurnal Penelitian
Transportasi Laut, Volume 12 Nomor 4
Desember 2010, Jakarta;
Anggrahini, Wahyu P., 2015. Faktor-Faktor Utama
Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Pada
Masa Lebaran 2014, jakarta;
Aulia, Tamara., 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada PT.
Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Terminal
Petikemas Di Makassar, Skripsi, Jurusan
Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas
Hasanuddin, Makassar;
Dienda, R.P., 2015. Kajian Pengaruh Jenis Kelamin
dan Tingkat Penghasilan terhadap Penilaian
Kualitas Pelayanan Terminal Penumpang di
Pelabuhan Manado, Jakarta;
Ghufroni, Alfian Zaki., 2012. Analisis Kinerja
Pelayanan dan Tanggapan Penumpang terhadap
Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar Di
Kabupaten Situbondo, Universitas Negeri
Malang, http://jurnal–online.um.ac.id/
d a t a / a r t i k e l /
artikel1530BD4EBE7F65604CA29FE853E21943.pdf,
Diunduh tanggal 25 April 2014, Pukul
:39AM;
Kotler, Philip., 2007. Manajemen Pemasaran Jasa
di Indonesia, analisis Perencanaan, Implementasi,
dan Pengendalian, Alih Bahasa Susanto, AB.,
Penerbit Andi, Penerbit Salemba Empat,
Jakarta;
Mutia, Mira Nur., 2008. Citra Pelayanan Jasa Kapal
Penumpang PT. PELNI Office, Jakarta, Skripsi,
Program Studi Komunikasi dan
Pengembangan Msyarakat, Fakultas
Pertanian, Bogor;
Pratama, Rizky Nur., Prasetyo F, Achmad.,
Wicaksono, M, A., Anwar, M Ruslin., (n.d)
Studi Identifikasi Karakteristik Moda
Penyeberangan Di Pelabuhan Ujung – Kamal,
Setelah Beroperasinya Jembatan Suramadu,
Jurusan Sipil, Fakultas teknik Universitas
Brawijaya, Malang;
Putra, Yahya Septerio Dwi., 2011. Pengaruh
Kualitas Pelayanan kepelabuhanan DInas
Perhubungan terhadap Kepuasan Pemilik dan/
atau Nakhoda Kapal sebagai Pengguna Jasa
Pelabuhan Rakyat Kota Bau–bau, Tugas Akhir
Sumber: Hasil Analisis
Gambar 5. Kuadran CSI Pelabuhan Ambon
Dibandingkan Dengan Skala Nasional
Warta Penelitian Perhubungan, Volume 26, Nomor 588 10, Oktober 2014
Program Magister (TAPM), Program
Pascasarjana Universitas Terbuka, Jakarta;
Puslitbang Perhubungan Laut Kementerian
Perhubungan, 2011. Kajian Peningkatan
Pelayanan Penumpang Di Terminal Pelabuhan
Utama Internasional, Jakarta;
Rini, Indri Nurvia Puspita., 2007. Analisis Persepsi
Penumpang terhadap tingkat pelayanan Busway
(Studi Kasus Busway Trans Jakarta Koridor I),
Tesis, Program Pascasarjana Universitas
Diponegoro, Semarang;
Tjiptono, Fandy., dan Chandra, Gregorius., 2005.
Service Quality Satisfaction, Penerbit Andi,
Jogjakarta;
Wewra, Wonaluv., 2008. Pengembangan Terminal
Penumpang Kapal Laut Di Pelabuhan Tanjung
Emas Semarang, Undergraduate thesis,
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas
Diponegoro, Semarang.